Kamis, 24 Januari 2013

Konsultasi Website yang sesuai dengan Best Practices

I. Perkuat “call-to-action” Anda
Kenapa anda butuh untuk perkuat “call-to-action” (ajakan untuk bertindak)? Mengapa hal ini sangat penting? Berikut ini adalah jawabannya:
  1. Pengunjung memutuskan untuk tetap di website anda selama 2-3 detik atau tidak
  2. Buatlah impresi/kesan pertama terbaik anda bisa membuat perbedaan traffic antara 80% akan meninggalkan web anda dan hanya 20% pengguna yang ingin mengetahui:
    • Apakah saya sudah di tempat yang tepat?
    • Apakah tempat ini cocok dengan apa yang saya harapkan untuk lihat?
    • Apakah saya repot membaca dahulu atau klik segera saja?
  3. Seandainya anda mencari cara untuk menyempurnakan website anda, mulailah dengan identifikasi opportunities berikut:
    • Rencanakan, Desain, atau Evaluasi Website Anda Untuk Pelanggan Anda
    • Berfikirlah layaknya pelanggan anda – rencanakan, desain, atau evaluasi website anda untuk mendapatkan apakah itu pertanyaan dari pelanggan atau tujuan khusus, atau keterbiasaan yang pelanggan anda akan alami dengan produk anda.
    • Masukkan Hanya Kebutuhan Penting Yang Anda Butuhkan
    • Buang informasi atau katalog produk yang tidak penting dan tidak dibutuhkan dalam website anda demi menjaga keefektifan, bersih dan rapi.
    • Jangan Biarkan Halaman Web Anda Di Unduh Terlalu Lama
    • Pertimbangkan dan pastikan halaman web anda cepat dalam pengunduhan sehingga akan memudahkan pelanggan anda menelusurinya, terutama saat pelanggan anda memiliki koneksi internet yang lamban seperti dial-up internet
    • Pastikan Isi Website Anda Terupdate
    • Tetap update website anda secara dinamis, tetapi tidak keseluruhan website, hanya beberapa bagian saja yang membutuhkan update seperlunya. Contohnya seperti update event atau berita-berita terbaru, pengumuman tentang seminar dan workshop, dan sebagainya.
    • Bagaimana Pelanggan Dapat Menghubungi Anda
    • Masukkan informasi mengenai kontak (alamat, nomor telfon, fax, email), terutama toko-toko dengan lokasi fisiknya ada. Sedangkan toko online, masukkan alamat kediaman anda atau alamat dimana pelanggan dapat mencari anda untuk bertatap muka.
    • Go Mobile!
    • Sebagaimana kita ketahui, tidak ada seorangpun yang tidak punya “gadget”, dan kebanyakan dari “gadget” ini nyatanya tidak bisa memainkan grafik yang interaktif dan kompleks. Pertimbangkan daripada kehilangan pelanggan potensial anada, sebaiknya anda menyediakan mereka setidaknya penjelasan singkat yang nantinya di arahkan dengan “link”/tautan ke keseluruhan website anda sehubungan dengan “conversion rate”.
II. Persingkat Pilihan
  1. Para pengunjung website anda tidak seharusnya mengabiskan 3-4 detik pada pilihan bacaan untuk mengetahui apa yang mereka inginkan
  2. Seandainya website anda telah lebih dari 25 opsi maka anda butuh untuk menyingkatkan pilihannya dengan opsi yang lebih sedikit
  3. Anda selalu bisa untuk menambahkan langkah-langkah selanjutnya dengan sub categories apabila diperlukan seleksi yang lebih baik
III. Sederhanakan Pengisian Formulir
  1. Pengunjung-pengunjung website anda melihat formulir sebagai rintangan, jangan persulit mereka dengan formulir yang tidak penting
  2. Pada setiap bagian pertanyaan “apakah data point ini sangat di perlukan untuk transaksi saat ini?”
  3. Pertimbangkan untuk menghilangkan area-area yang tidak penting atau menanyakan tentang informasi di tahap selanjutnya dalam proses conversion.
IV. Ringkas Tulisan Anda
  1. Pengunjung-pengunjung anda tidak suka membaca
  2. Pastikan informasi yang terkait/relevan dan penting dikomunikasikan melalui headline atau bullet points.
  3. Pertimbangkan untuk menghilangkan teks pada blok rendah yang dapat ditempatkan dengan baik
V. TingkatPengunjungkan Keterkaitan/Relevansi Koneksi ke Salinan Iklan
  1. Pastikan anda menunjukkan “klik” yang ingin mereka lihat
  2. Apabila anda menjanjikan suatu diskon dalam iklan anda maka seharusnya informasi tentang diskon tersebut tertera dengan jelas dalam halaman “landing” anda
  3. Penuhi “janji” iklan anda
VI. Kurangi Gangguan Visual
  1. Grafik seharusnya menjadi pelengkap “call-to-action ” dan bukan mengganggu penglihatan
  2. Hapus grafik bergerak yang menyolok bukan bagian dari “call-to-action”
  3. Cobalah untuk menghapus stok foto umum dengan foto produk atau pelanggan yang sebenarnya
VII. Penyempurnaan Penempatan melalui “Google Trust Builders”
  1. Jika nama merek anda tidak terkenal secara luas maka anda bisa percayakan pada “Google trust builders” untuk membuat pengunjung-pengunjung anda merasa nyaman
  2. Google Trust Builders dapat berupa:
    • Pengenalan merek yang anda jual
    • Pengenalan outlet-outlet/toko-toko baru bisnis anda yang sudah disebutkan
    • Badge bisnis seperti ”Better Business Bureau” atau “VeriSign”
  3. Jika anda telah memiliki Google trust builders pastikan ianya tampak dan ditempatkan seefektif mungkin
  4. Sempurnakan halaman landas gratis
  5. Informasi lebih lanjut mengenai desain Landing page
    • Buku-buku pengoptimasian halaman landas
      • “Always Be Testing” oleh Bryan Eisenberg
      • “Landing Page Optimization” oleh Tim Ash
    • Google -authorized consultan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar