Mengamati Usaha Yang
Ada di Lingkungan Sekitar
Tepat
dipinggir sebuah jalan raya besar yang menghubungkan kota Cirebon-Kuningan,
berdirilah sebuah warung sate yang cukup sederhana. Warung tersebut diberi nama
Warung Sate Beber. Selain menjual sate, warung ini juga menjual sop dan empal.
Soal rasa, jangan ditanya lagi deh. Selain lezat, harganya juga terjangkau.
Berkisar antara 10 hingga 25 ribu rupiah saja. Apalagi yang memiliki warung
sate ini adalah kepala sekolah saya sewaktu Mts. Jika saya beli disana, bisa
sedikit negosiasi.
Rumah
makan ini selalu ramai oleh pengunjung baik yang dari luar kota maupun warga
sekitar yang memang sudah berlangganan. Banyak juga mereka yang jauh-jauh dari
luar kota hanya sekedar untuk mencicipi makanan di warung sate Beber.
Jika
dipandang dari lokasinya, warung sate ini memang berada dalam lokasi yang cukup
strategis. Diseberang warung sate ini adalah SDN 2 Beber dan kantor desa Beber,
sedangkan sebelah kanannya adalah masjid
Nurul Huda Beber yang kerap kali jadi tempat istirahat utama pemudik jika musim
lebaran tiba.
Berikut ini beberapa faktor
internal dan Eksternal menegenai Warung Sate ini:
1. Faktor
Internal
Kelebihan:
a)
Makanan yang lezat, halal, dan higienis
b)
Pelayanan yang prima dan baik
c)
Tempat yang nyaman dan bersih
d)
Harga yang murah dan terjangkau
e)
Lokasi yang strategis dan banyak dilalui
kendaraan umum maupun pribadi
Kekurangan:
a.
Persaingan yang semakin meningkat yang menjual
makanan dengan jenis yang sama
b.
Tempat yang disediakan masih terbatas atau kurang
luas sehingga pelanggan merasa
kurang leluasa disana
c.
Karyawan yang dipekerjakan masih sedikit
d.
Menu makanan masih kurang karena hanya terdapat
sate, sop dan empal
e.
Walaupun tempatnya masih layak, nyaman dan
bersih, akan tetapi masih perlu perbaikan disana-sini agar kepuasan pelanggan
semakin meningkat
f. Tempat parkiran mobil kurang luas
2. Faktor
Eksternal
Peluang yang
bisa ditangkap:
Jika ditinjau dari aspek lokasi
yang strategis, ada banyak peluang yang bisa ditangkap, diantaranya sbb:
v
Memperluas lokasi akan semakin menambah
keuntungan yang berlipat apalagi jumlah pelanggan yang semakin meningkat
v
Dekat dengan sekolah dasar dan taman
kanak-kanak, akan menambah keuntungan juga jika menjual aneka mainan dan
peralatan sekolah
v
Mengembangkan bisnis warnet, karena saat ini
tugas para pelajar tidak lepas dari teknologi
v
Menjual aneka makanan khas Cirebon atau Kuningan
karena berlokasi dijalan utama penghubung dua kota tersebut
v
Menjual aneka souvenir dan kerajinan tangan
sebagai oleh-oleh para pengunjung dari luar kota
Ancaman:
Ø Para pesaing yang kian merajalela yang juga
mengembangkan bisnis usaha yang sama. Hal ini jelas merupakan ancaman terbesar
bagi pemilik warung sate ini. Tapi, hal ini masih bisa diatasi jika pemilik
warung sate ini tetap konsisten meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.
Ø
Lokasi yang berada tepat dipinggir jalan,
seringkali terjadi kecelakaan lalu-lintas disekitarnya
Ø
Rumah makannya tidak terlalu besar, sehingga
apabila pelanggan meningkat banyak yang tidak terbagi tempat duduk untuk makan sehingga
pelanggan lari mencari alternatif lain yaitu pindah mencari rumah makan lain
Ø
Karena karyawan sedikit, mereka kerepotan
melayani pengunjung yang datang kerumah makan tersebut
Ø
Munculnya para pesaing yang lebih modern dan
variatif dalam mengembangkan usahanya dibidang tersebut, berbeda dengan rumah
makan ini yang masih menggunakan peralatan tradisional dan sederhana sederhana.
Secara otomatis, ini merupakan ancaman baru yang harus segera diatasi.
Sekian laporan penelitian saya
mengenai Usaha Warung Sate yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal saya di
daerah Cirebon. Cukup sekian dan terimakasih.
ELIS SHOLEHATI
18212461
1EA29
Tidak ada komentar:
Posting Komentar