Selasa, 30 Oktober 2012

Tugas Dasar Pemasaran



Mengamati Usaha Yang Ada di Lingkungan Sekitar

                Tepat dipinggir sebuah jalan raya besar yang menghubungkan kota Cirebon-Kuningan, berdirilah sebuah warung sate yang cukup sederhana. Warung tersebut diberi nama Warung Sate Beber. Selain menjual sate, warung ini juga menjual sop dan empal. Soal rasa, jangan ditanya lagi deh. Selain lezat, harganya juga terjangkau. Berkisar antara 10 hingga 25 ribu rupiah saja. Apalagi yang memiliki warung sate ini adalah kepala sekolah saya sewaktu Mts. Jika saya beli disana, bisa sedikit negosiasi.
                Rumah makan ini selalu ramai oleh pengunjung baik yang dari luar kota maupun warga sekitar yang memang sudah berlangganan. Banyak juga mereka yang jauh-jauh dari luar kota hanya sekedar untuk mencicipi makanan di warung sate Beber.
                Jika dipandang dari lokasinya, warung sate ini memang berada dalam lokasi yang cukup strategis. Diseberang warung sate ini adalah SDN 2 Beber dan kantor desa Beber, sedangkan sebelah  kanannya adalah masjid Nurul Huda Beber yang kerap kali jadi tempat istirahat utama pemudik jika musim lebaran tiba.
Berikut ini beberapa faktor internal dan Eksternal menegenai Warung Sate ini:
1.       Faktor Internal
Kelebihan:
a)      Makanan yang lezat, halal, dan higienis
b)      Pelayanan yang prima dan baik
c)       Tempat yang nyaman dan bersih
d)      Harga yang murah dan terjangkau
e)      Lokasi yang strategis dan banyak dilalui kendaraan umum maupun pribadi
              Kekurangan:
a.     Persaingan yang semakin meningkat yang menjual makanan dengan jenis yang sama
b.    Tempat yang disediakan masih terbatas atau kurang luas sehingga pelanggan merasa      kurang leluasa disana
c.     Karyawan yang dipekerjakan masih sedikit
d.    Menu makanan masih kurang karena hanya terdapat sate, sop dan empal
e.    Walaupun tempatnya masih layak, nyaman dan bersih, akan tetapi masih perlu perbaikan disana-sini agar kepuasan pelanggan semakin meningkat
f.   Tempat parkiran mobil kurang luas
2.       Faktor Eksternal
Peluang yang bisa ditangkap:
                Jika ditinjau dari aspek lokasi yang strategis, ada banyak peluang yang bisa ditangkap, diantaranya sbb:
v    Memperluas lokasi akan semakin menambah keuntungan yang berlipat apalagi jumlah pelanggan yang semakin meningkat
v   Dekat dengan sekolah dasar dan taman kanak-kanak, akan menambah keuntungan juga jika menjual aneka mainan dan peralatan sekolah
v   Mengembangkan bisnis warnet, karena saat ini tugas para pelajar tidak lepas dari teknologi
v    Menjual aneka makanan khas Cirebon atau Kuningan karena berlokasi dijalan utama penghubung dua kota tersebut
v    Menjual aneka souvenir dan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh para pengunjung dari luar kota
Ancaman:
Ø    Para pesaing yang kian merajalela yang juga mengembangkan bisnis usaha yang sama. Hal ini jelas merupakan ancaman terbesar bagi pemilik warung sate ini. Tapi, hal ini masih bisa diatasi jika pemilik warung sate ini tetap konsisten meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.
Ø  Lokasi yang berada tepat dipinggir jalan, seringkali terjadi kecelakaan lalu-lintas disekitarnya
Ø    Rumah makannya tidak terlalu besar, sehingga apabila pelanggan meningkat banyak yang tidak terbagi tempat duduk untuk makan sehingga pelanggan lari mencari alternatif lain yaitu pindah mencari rumah makan lain
Ø  Karena karyawan sedikit, mereka kerepotan melayani pengunjung yang datang kerumah makan tersebut
Ø   Munculnya para pesaing yang lebih modern dan variatif dalam mengembangkan  usahanya dibidang tersebut, berbeda dengan rumah makan ini yang masih menggunakan peralatan tradisional dan sederhana sederhana. Secara otomatis, ini merupakan ancaman baru yang harus segera diatasi.

Sekian laporan penelitian saya mengenai Usaha Warung Sate yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal saya di daerah Cirebon. Cukup sekian dan terimakasih.


ELIS SHOLEHATI
18212461
1EA29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar